UMKM Lokal di Indonesia Memiliki Kekurangan Pada Kemasan Produk

Salah satu bentuk pendongkrak ekonomi nasional adalah dengan adanya produk karya usaha kecil menengah (UKM). Karena seperti kita ketahui saat ini Indonesia tengah mengalami perlambatan ekonomi, dengan adanya UKM nasional diharapkan dapat membantu perekonomian Indonesia. Saat ini, UKM nasional yang merupakan produk Indonesia memiliki kualitas serta konsistensi mutu yang baik dan tentunya telah terjamin. Tetapi sayangnya UMKM Lokal di Indonesia masih saja memiliki kekurangan pada kemasan produk hal ini juga yang menyebabkan masih kalah bersaing di kancah internasional.

Dalam hal ini, menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno juga menilai bahwa produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasional telah memiliki kualitas yang baik, seperti terkait cita rasa. Tetapi disisi lain terdapat masalah yang sering terjadi pada UMKM lokal yakni terkait persoalan kemasan produk (packaging).

Memang tak di pungkiri lagi, yang menjadi masalah utama UMKM di Indonesia adalah masalah kemasan pada produk (packaging), hal ini merupakan masalah yang paling mendasar. Dan salah satu yang paling diperhatikan oleh seorang konsumen untuk memutuskan dalam membeli sebuah produk adalah dengan melihat dari kemasan, hal ini merupakan hal yang paling sering menjadi bentuk perhatian, baik konsumen dari lokal maupun konsumen dari luar negeri.

Dengan adanya permasalahan UMKM ini perlu adanya pembinaan pada UMKM, hal ini perlu dilakukan agar produk UMKM nasional masuk pasar dunia. Dan yang harus sangat diperhatikan adalah masalah packaging, karena apabila ini diperhatikan dapat mendorong para customer untuk tertarik terhadap produk tersebut dan tak lupa hal ini dilakukan agar bisa masuk pasar dunia.