Tenaga Kerja China Duduki Peringkat Ke-2 Terbanyak di Indonesia

Kabar  terbaru mengenai isu tenaga kerja asing yang berstatus ilegal yang berasal dari China kini tengah membuat resah masyarakat. Pasalnya dari jumlah tenaga kerja asal China yang akan bekerja di Indonesia bisa mencapai jutaan orang.

Tak hanya dari China saja, tetapi juga berasal dari Korea dan Jepang. Mengenai isu ini sendiri Menteri Dalam Negeri yakni Tjahyo Kumolo menanggapi isu tersebut, dimana tenaga kerja asing di Indonesia terbanyak yakni berasal dari Jepang , kemudian China dan terakhir dari Korea. Dikarenakan Indonesia telah memiliki kerjasama dengan ketiga negara tersebut, hal ini yang membuat tenaga kerja dari luar negeri bisa datang ke Indonesia.

Ketiga negara tersebut yakni China, Korea, Jepang yang akan menjadi tenaga kerja di Indonesia, memiliki banyak program yang bisa dikatakan cukup besar tetapi hanya sekitar 10% tenaga ahli kerja yang akan dibutuhkan. Tenaga kerja asing ini yang akan bekerja di Indonesia telah dibuatkan perjanjian yang telah ditandatanagani dan perjanjian ini dibuat oleh antar negara.

Dalam perjanjian ini, merupakan hal yang biasa dari beberapa negara. Tetapi untuk tenaga kerja sendiri, tidak boleh melebihi dari total 10% tenaga kerja ahli yang dibutuhkan tersebut. Hal ini juga telah diterapkan di negara lain, dimana misalnya China yang akan berinvestasi di negara Saudi Arabia dan invest di negara Singapura, tidak boleh melebihi dari 10% yakni tepatnya dari total tenaga kerja yang dibutuhkan saja.