Panduan Belajar SEO Untuk Pemula Lengkap

Tidak ada alasan untuk berhenti belajar SEO. Pasalnya algoritma Google selalu berubah setiap saat sehingga strategi SEO yang diterapkan juga terus diperbarui. Jika tidak, menjadi sangat sulit untuk bersaing di halaman pencarian Google.

Nah, di artikel ini kami bakal membahas mengenai panduan belajar SEO untuk pemula paling lengkap yang bisa diterapkan kapan saja.  Dengan panduan yang kami berikan, meskipun masih pemula, kalian bisa belajar SEO dengan baik.

Sehingga menambah kemungkinan untuk page one di Google. Agar bisa langsung melanjutkan langkah belajar, simak saja panduan belajar SEO berikut :

1. Ketahui konsep dasar SEO

Untuk belajar SEO, sangat perlu untuk memahami konsep dasar yang ada terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah optimasi website yang bertujuan agar mudah mendapat peringkat paling atas di halaman pencarian Google.

Website di posisi teratas umumnya mudah mendapat jumlah pengunjung yang banyak dan bisa dibilang berkualitas. Fakta menarik, website yang berada di posisi nomor 1 selalu mendominasi hasil klik hingga 10 kali lipat.

Sayangnya, Google terus saja merahasiakan teknik perangkingan sebagai indikator utama SEO. Intinya, Google sangat suka dengan website yang punya loading cepat. Kedua, Google sangat suka dengan artikel bermanfaat dan relevan serta masih banyak lainnya.

2. Optimasi kecepatan website

Sebelum membahas ke berbagai optimasi lain yang ada di SEO, secara umum panduan belajar SEO untuk pemula dimulai dari optimasi website terlebih dahulu supaya menjadi lebih cepat. Pasalnya, kecepatan merupakan salah satu faktor penting Google untuk memberikan perangkingan.

Saat belajar optimasi, jangan pakai asumsi semata. Lakukan pengecekan terlebih dahulu memakai menggunakan berbagai tools populer, contohnya Google PageSpeed Insights atau juga GTMetrix. Selanjutnya setelah mendapat hasil terbaik, lakukan optimasi.

Jika ada kendala pada server, usahakan kualitas hosting serta lokasi server jadi optimal. Jika ada kesalahan konfigurasi atau masalah script langsung perbaiki masalah tersebut. Tak lupa, aktifkan teknik kompresi populer seperti Gzip atau Brotli untuk menambah kecepatan website.

3. Buat website supaya mobile Friendly

Pengguna smartphone saat ini terus meningkat. Buktinya akses internet yang ada saat ini memang jauh lebih banyak dilakukan oleh pengguna mobile. Memiliki website yang tidak mobile friendly merupakan kesalahan fatal.

Biasanya website mobile-friendly selalu diprioritaskan Google agar bisa muncul di peringkat teratas hasil pencarian yang dilakukan pengguna internet.

Agar optimasi yang dilakukan pas, bisa dengan memasang tema website yang lebih responsif. Jangan lupa menggunakan font mudah terbaca serta sediakan whitespace yang masuk akal. Supaya website makin optimal, tak ada salahnya memakai tools AMP (Accelerated Mobile Pages).

4. Selalu riset keyword sebelum membuat artikel

Riset keyword adalah hal yang tak kalah penting ketika pemula ingin belajar SEO lebih mendalam. Membuat konten tanpa ada riset keyword merupakan kesalahan fatal. Pasalnya riset keyword sangat membantu memahami apa yang diperlukan pengguna internet saat itu.

Saat riset keyword, usahakan memperhatikan search volume yang menunjukkan seberapa banyak kata kunci dicari di Google saat pencarian. Keyword Difficulty yang berisi tingkat kesulitan kata kunci untuk berada di halaman awal mesin pencari Google.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan Keyword Suggestion untuk mengetahui kata kunci yang mempunyai tujuan yang sama. Faktor hasil Pencarian sangat penting untuk menganalisa kompetitor. Adanya riset keyword, membuatmu bisa mengolah konten yang bagus untuk website.

Panduan belajar SEO untuk pemula memang penting diperhatikan agar nanti website yang kamu buat bisa mudah masuk ke page one. Selamat mencoba dan tentunya belajar itu juga butuh proses.