Mengenali bagian – bagian Microsoft Word untuk pemula

Salah satu program komputer yang paling banyak di gunakan ada porgram Microsoft Office, yang di dalamnya masih di bagi – bagi lagi sesuai dengan kebutuhan dalam mempermudah melakukan pekerjaan. Salah satunya yang cukup familiar adalah Microsoft Office Word, sebuah program yang di kembangkan untuk mengolah kata, membuat, mengedit bahkan mencetak sebuah tulisan atau dokumen.

Seiring perkembangan zaman, Microsoft Office Word juga terus update. Dari versi word 1989 hingga Microsoft Word 2019. Yang tentunya semakin update maka semakin banyak fitur baru yang lebih baik dan memberikan kemudahan plus lainnya. Seseorang yang sedang belajar komputer biasanya pasti di ajarkan tentang menjalankan program yang satu ini. Minimal adalah program dasarnya.

Sebelum seseorang bisa menguasai program yang satu ini, baiknya kenali dulu bagian – bagian yang ada dalam tampilannya sekaligus mengetahui fungsinya. Seperti :

  • Quick Acces Toolbar

Ini adalah tampilan paling atas di posisi pojok kiri. Fungsinya sesuai dengan tombol yang ada yakni save, yang berguna untuk menyimpan files; Undo, jika ingin membatalkan ataupun mengembalikan perbuahan file yang baru saja di lakukan; Redo, untuk mengembalikan pembatalan yang dilakukan sebelumnya; dan Customize Quick Acces Bar yang memiliki fungsi untuk mengatur tombol akses cepat yang di butuhkan.

  • 2.Title Bar

Sesuai dengan namanya, Title bar merupakan baris judul yang berfungsi untuk menampilkan nama fokumen yang sedang aktif. Posisinya berada di tengah – tengah  baris paling atas sejajar dengan Quick acces toolbar.

  • Window Management

Masih pada baris yang sama, posisi sudut kanan atas. Terdapat 4 tombol yang berfungsi sebagai Close, untuk menutup dokumen; Restore Down atau / Maximixe yang di gunakan untuk memperkecil dan memperbesar jedela tampilan; Minimize, yang berguna untuk memperkecil tampilan jendela kerja; serta Ribbon Display Options, yang di gunakan untuk menampilkan ataupun untuk menyembunyikan toolbar ribbon.

  • Ribbon

Ribbon merupakan sekumpulan menu yang telah di kelompokan yang di buat berdasarkan fungsinya yaitu untuk mengelombokan fitur – fitur yang ada pada jendela microsot Word yang tampilkan secara teratur sehingga  mudah untuk di akses.

Di dalam Ribbon terdapat dua bagian lainnya yaitu Menu bar yang di tampilkan secara mendatar yang berfungsi untuk mengelompokan menu yang berdasarkan pada kegunaannya; dan Tombol pembuka dialog box, dimana jika di klik maka akan tampil box yang terhubung dengan perintah yang ingin di lakukan.

  • Ruler

Sesuai dengan namanya, Ruler ataupun pengaris ini berfungsi untuk mengatur tata letak. Posisinya berada tepat di bawah Ribon . Selain itu, Ruler juga berada di samping kiri jendela kerja microsoft word.

  • Worksheet

Di sebut juga dengan lembar kerja. Disinilah halaman dokument akan di buat.

  • Kursor

Saat mulai menjalankan program microsoft word pada lembar kerja akan terdapat garis yang berkedip – kedip. Inilah yang di sebut dengan Kursor. Fungsi kursor sendiri adalah untuk menunjukan posisi pengetikan akan di lakukan.

  • Status bar

Status bar bisa di temukan pada bagian bawah posisi paling kiri. Fungsinya untuk menampilkan informasi real time seperti jumlah halaman, jumlah kata, dan bahasa yang di gunakan.

  • Page View

Page View berada pada posisi pojok kanan paling bawah. Tolbar ini memiliki beberapa jenis tampilan yang dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti Read mode, Print Layout, Web layout, Slider Zoom in dan Zoom out.

Setelah mengenali tampilan yang ada, barulah proses belajar komputer Microsoft Word bisa di lakukan dengan lebih maksimal.