EMKL dan EMKU, Seberapa Pentingkah dalam Dunia Ekspedisi?

Dalam melakukan pengiriman barang atau ekspedisi, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar barang bisa sampai di tangan penerima dengan selamat. Mulai dari jenis barang yang akan dikirim, persyaratan pengiriman, hingga tarif ekspedisi. Semua hal tersebut bisa didiskusikan dengan penyedia layanan ekspedisi agar mendapatkan biaya ekspedisi murah dan sesuai.

Penyedia layanan ekspedisi biasanya memiliki opsi pengiriman darat, laut, dan udara. Untuk bisa melakukan pengiriman secara jalur laut dan udara, penyedia layanan ekspedisi perlu memiliki izin sebagai EMKL dan EMKU atau memiliki kerja sama dengan EMKL dan EMKU. Seberapa pentingkah peran EMKL dan EMKU tersebut? Berikut merupakan penjelasannya.

EMKL dan EMKU dalam Dunia Ekspedisi

1. EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut)

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa EMKL merupakan suatu perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman cargo atau barang melalui jalur laut. Perusahaan EMKL sudah memperoleh izin dari pemerintah untuk melakukan hal tersebut.

EMKL menyediakan tarif ekspedisi murah dibandingkan dengan EMKU. Oleh karena itu, EMKL lebih sering digunakan oleh banyak pihak, baik perseorangan maupun perusahaan. Selain itu, EMKL juga bisa mengangkut barang lebih banyak dibanding dengan EMKU.

Sarana transportasi yang digunakan EMKL berupa kapal laut. Lantas apa sajakah jenis kapal yang biasa digunakan? Jenis kapal yang biasa digunakan adalah kapal cargo, kapal ferry, kapal roro (kapal cepat), dan lain sebagainya asalkan memiliki ruang yang cukup untuk mengangkut barang.

Lalu, menurut rute kapalnya, kapal yang digunakan ada 2 macam, yaitu kapal tromper dan kapal liner. Untuk kapal tromper jadwal keberangkatannya selalu tetap dan pasti, namun tujuannya berbeda-beda di setiap keberangkatannya. Sedangkan, kapal liner rute keberangkatannya selalu tetap dengan jadwal yang tetap pula.

EMKL sangat dibutuhkan oleh negara-negara yang berbentuk kepulauan seperti Indonesia. Perannya sangat penting dan krusial untuk perkembangan ekonomi dan pemerataan di negara tersebut. EMKL sangat membutuhkan pelabuhan dengan sistem dan sarana yang baik demi kelancaran pengiriman barang.

2. EMKU (Ekspedisi Muatan Kapal Udara)

Berbeda dengan EMKL, EMKU merupakan perusahaan penyedia ekspedisi yang telah mendapat legalitas untuk mengirim barang lewat jalur udara. Sarana transportasi yang digunakan tentu pesawat terbang. Baik pesawat cargo maupun pesawat komersial semuanya bisa digunakan untuk mengangkut barang. Hanya saja kapasitasnya berbeda.

Seiring perkembangan teknologi dan kecanggihan pesawat semakin banyak digunakan untuk mengangkut barang. Ini dikarenakan waktu tempuh yang digunakan untuk sampai di tempat tujuan sangat cepat. Ini sangat membantu untuk mengirim barang yang cepat rusak, seperti layaknya produk perikanan, pertanian, dan obat-obatan.

Penggunaan EMKU juga memudahkan untuk mengirim barang atau logistik ke daerah yang sulit dijangkau dengan perjalanan darat maupun laut, seperti daerah pedalaman.

Untuk tarifnya, EMKU memang jauh lebih mahal dibandingkan EMKL. Selain itu, barang yang dikirimkan juga biasanya hanya dalam jumlah sedikit. Tidak seperti melalui EMKL yang bisa mengangkut barang dengan jumlah besar. Namun, dalam hal khusus EMKU juga bisa mengirimkan barang dengan jumlah besar dengan menyewa suatu pesawat.

Baik EMKL dan EMKU semuanya sangat penting dalam ekspedisi. Jalur laut dan jalur udara sangat dibutuhkan untuk mengirim ke daratan lain yang dipisahkan oleh lautan. Seperti halnya wilayah Indonesia yang dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu, sarana dan prasarana seperti pelabuhan dan bandara harus selalu diperbaiki agar proses ekspedisi berjalan dengan lancar. Kelancaran proses ekspedisi membuat tarif ekspedisi menjadi lebih murah.

Berbicara tentang tarif ekspedisi murah. Terdapat perusahaan yang telah memiliki channel dengan 2 jenis ekspedisi tersebut, yaitu Cargonesia. Cargonesia menyediakan EMKL dan EMKU sehingga memudahkan customer untuk memilih pengiriman.