Belajar Produktif, Mencoba Bisnis Dengan 3 Peluang Usaha di Masa Pandemi

Sudah lebih dari satu tahun kita hidup dalam was-was karena virus Covid-19. Pola hidup berubah, pergerakan fisik yang terbatas. Tak heran kalau banyak usaha atau bisnis yang gulung tikar terkena dampak dari keberadaan virus ini. Tidak hanya itu, dari sisi pekerja juga terkena dampak karena harus diputus kontrak, pengurangan gaji, dll. Hal ini membuat banyak orang harus berpikir untuk menata kembali usahanya termasuk mencari peluang untuk usaha baru di masa pandemi ini.

Memulai usaha kembali atau mengawali bisnis memang tidak mudah. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa mencobanya. Apalagi dengan kemudahan internet yang menyajikan beragam informasi, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari cara agar usaha atau bisnis dapat bertahan di masa pandemi. Misalnya, menerapkan strategi pemasaran secara online, mengontrol keuangan, dll.

Sama halnya dengan mencari ide atau peluang usaha baru di masa pandemi, kita bisa mencarinya di internet seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Usaha digital product dan jasa online

Pandemi menyerang di era yang tekonologinya sudah sangat maju. Jelas, memanfaatkan internet, produk digital adalah ide usaha pertama yang akan disarankan. Bisnis ini tidak hanya bisa dilakukan oleh kalangan milenial, bisa dilakukan siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari internet.

Keuntungan bisnis ini adalah tidak perlu melakukan tatap muka secara langsung, semua bisa dilakukan secara online. Baik itu pembayaran jasa, ataupun pengiriman jasanya. Kamu bisa memulainya dengan membuka usaha jasa desain, menulis artikel, dropshipper, reseller, dll.

2. Menjual produk-produk kesehatan

Pandemi ini membuat kita semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Maka, salah satu celah yang bisa diubah untuk menjadi peluang usaha adalah berjualan produk kesehatan seperti masker, disinfektan, hand santizer, thermometer gun, face shield, multivitamin atau suplemen untuk menunjang kesehatan, dll.

3. Menjual makanan atau minuman secara online

Keberadaan aplikasi ojek online bisa kita manfaatkan dengan cara bergabung sebagai mitra untuk menjual makanan atau minuman secara online. Mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk mengawali usaha ini. Cukup mendaftarkan produk pada aplikasi ojek online dan melakukan pemasaran di internet.

Selain itu, pembeli juga dimudahkan karena tidak perlu keluar rumah untuk membeli makanan. Sehingga, secara tidak langsung bisnismu juga membantu pemerintah untuk mengurangi penyebarluasan virus karena menghindari kerumunan atau keramaian yang biasanya ada di resto/cafe/warung.

Kita tidak tau sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. Jadi, hal yang bisa kita lakukan adalah mencoba banyak hal untuk bertahan, salah satunya mencoba bisnis baru.